PPI Tokodai

Kegiatan

Zemi Fotografi

 
picture2.jpg
 

Dengan bermulanya bulan terakhir di tahun 2017, PPI Tokodai mengadakan acara seminar photography class dengan bentuk diskusi aktif. Pembicara pada photography class ini adalah Dwi Joko Suroso atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan mas Joko, mahasiswa PPI Tokodai yang memang ‘hobi jepret’ sehingga ingin berdiskusi dengan seluruh warga PPI Tokodai yang memiliki minat terhadap bidang fotografi.

Dimulai pada sekitar pukul 10.45, Photography class diawali dengan materi mengenai dasar - dasar fotografi yang dibawakan oleh mas Joko, karena tidak hanya ingin berbentuk seminar satu arah, mas Joko selalu memastikan tidak ada lagi pertanyaan dari peserta sebelum melanjutkan materi dari satu bagian ke bagian lainnya. Peserta yang memang punya keingintahuan besar terhadap bidang fotografi sangat sering menanyakan hal - hal yang berkaitan dengan fotografi, dari yang bersifat amat teknis seperti spesifikasi, bagaimana cara merawat kamera, hingga berdiskusi mengenai tips agar foto yang diambil dapat terlihat indah. Teknik - teknik yang diajarkan oleh mas Joko tidak dibatasi pada teori saja, namun juga bagaimana mas Joko menerapkannya dalam kegiatan memotretnya.

 
Mas Dwi Joko Suroso

Mas Dwi Joko Suroso

 

Berakhirnya sesi materi dan diskusi awal menandakan awal sesi selanjutnya yaitu photo hunting, disini mas Joko meminta semua peserta untuk memotret foto dengan mengaplikasikan teori - teori yang telah dipelajari pada sesi awal. Sesi photo hunting ini dilakukan bebas dan foto yang dipilih oleh masing - masing peserta dikumpulkan untu dilakukan “blind judging” oleh mas Joko. Sesi ini berlangsung bebas dan peserta bebas mengambil foto apapun karena temanya yang bebas.

Foto - foto yang telah dikumpulkan pun dinilai mas Joko secara blind, artinya mas Joko tidak mengetahui siapa yang mengambil masing - masing foto dan memilih foto murni karena preferensi mas Joko saja. dari seluruh foto yang dikumpulkan, mas Joko memilih tiga foto yang disebut sebagai “Most Interesting Photo” yang diumumkan diakhir acara.

Sebelum masuk ke akhir acara, mas Joko memberikan materi terakhir mengenai Post-Processing, yaitu “mengolah” foto setelah proses pengambilannya. Materi ini dilakukan dengan menggunakan software yang ada pada komputer dan mas Joko langsung memberikan demo untuk memberikan panduan bagaimana post-processing dilakukan. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada mas Joko, dan pengumuman most interesting photo. Foto bersama pun menjadi penanda ditutupnya acara photography class ini.

Silahkan cek seluruh hasil dokumentasi di akun flickr PPI Tokodai

 

Oleh: Ahmad Salaam