PPI Tokodai

Kegiatan

Momimori - Memori Kehangatan Momiji yang Tak Terlupakan

Di perempat terakhir tahun 2016 kemarin, PPI Tokodai menggelar acara menikmati musim gugur bersama yang bertajuk Momimori 2016. Acara ini diselenggarakan untuk melepas kejenuhan belajar dan kegiatan penelitian dengan menikmati game dan indahnya musim gugur. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan keakraban antara mahasiswa Indonesia di Tokodai. Di samping itu, Momimori 2016 ini juga merupakan momen yang tepat bagi mahasiswa baru yang datang pada bulan September untuk lebih mengenal teman seperjuangan mereka.

Serangkaian persiapan dilakukan jauh-jauh hari secara matang oleh panitia demi menyelenggarakan acara ini sebaik-baiknya. Dimulai dari penyusunan konsep, tema acara, pemilihan tempat acara, konsumsi, publikasi, dan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat. Panitia pun sempat melakukan survey ke beberapa lokasi untuk menentukan tempat mana yang paling cocok untuk diselenggarakan acara ini terkait konsep acara yang telah direncanakan. Selain tempat, waktu juga dipilih sedemikian sehingga peserta dapat menikmati puncaknya musim gugur di cuaca yang indah tanpa harus mengorbankan jadwal akademis mereka. Pada akhirnya, ditetapkan Momimori 2016 diselenggarakan pada Hari Sabtu, 26 November 2016, pukul 10.00 – 16,00 waktu Tokyo, di Shinjuku Gyoen.

Pada hari H, Panitia Konsumsi mengambil konsumsi pada pukul 07.00. Sementara, beberapa panitia bersiap siaga di Stasiun Futakotamagawa. Panitia memberikan opsi untuk berangkat bersama menuju Shinjuku Gyoen dengan berkumpul terlebih dahulu di Stasiun Futakotamagawa. Namun, peserta yang berkumpul di Futakotamagawa terlebih dahulu hanya sekitar 10 orang. Sebagian panitia bertugas untuk langsung menuju ke Shinjuku Gyoen untuk menyambut para peserta yang tidak berkumpul terlebih dahulu di Futako-Tamagawa. Pada pukul 10.15 peserta yang datang berjumlah 22 orang (ditambah panitia bukan peserta 9 orang, total 31 orang). Pada akhir acara total peserta dan panitia yang hadir berjumlah 49 orang. Pada pukul 10.15, game 1 dimulai. Game ini berjudul ‘Find Your Hero’. Game ini terbagi dalam 2 sesi, dan sesi 1 game ini berjenis amazing race. Game ini menciptakan memori dengan foto disetiap spot yang dikunjungi dan meningkatkan keakraban di dalam kelompok masing-masing. Masing-masing kelompok akan pergi ke dua spot berbeda dari total 8 spot yang disediakan. Di setiap spot akan diberi misi dan clue hingga menuju ke spot utama. Peserta mengikuti game sesi satu dengan antusias. Sie Dokumentasi aktif menyisir Shinjuku Gyoen untuk mencari para peserta yang sedang bermain.

Pada saat peserta berhasil berkumpul di spot utama, dilakukan game FYH (Find Your Hero) sesi 2. Konsep game sesi 2 ini berjenis battle. Tiap-tiap kelompok dalam grup yang sama akan menggabungkan clue yang mereka dapatkan sehingga mereka dapat mengetahui kelompok mana di grup mereka yang berperan sebagai Hero. Mereka pun harus menentukan strategi dalam menentukan urutan clue yang akan diberikan ke grup lawan. Game sesi 2 dilaksanakan dengan lancar. Setelah ishoma dilanjutkan dengan game kelompok dan para peserta terlihat antusias dan menikmati permainan.

 

momimori.jpg

Pada akhirnya, acara perkenalanpun ditiadakan dikarenakan alokasi waktu yang dinilai kurang. Setelah games berakhir, pengumuman pemenang pun dilangsungkan. Hadiah diserahkan oleh ketua acara yang kemudian memberikan ucapan terimakasih atas kedatangan peserta dan kerja keras seluruh panitia. Setelah rangkaian acara Momimori ditutup, acara diserahkan kepada pihak BPH dan Midori yang hendak melakukan sosialisasi. Pada akhir acara, Momimori 2016 ini ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia. Terima kasih banyak panitia yang telah bekerja keras dan peserta yang telah meramaikan acara Momimori 2016 ini. Sampai jumpa di acara PPI Tokodai berikutnya!