PPI Tokodai

Kegiatan

Diskusi Persiapan Menuju Dunia Profesional oleh Pelajar dan Komunitas Profesional Indonesia di Jepang

 Para peserta melakukan grup foto setelah acara berlangsung

Para peserta melakukan grup foto setelah acara berlangsung

Pada hari Sabtu (11/2) bertempat di Kampus Tokyo Institute of Technology, diadakan diskusi bertajuk “Persiapan Menuju Dunia Profesional” oleh para pelajar dan komunitas pekerja Indonesia yang berada di Jepang. Acara ini berhasil diselenggarakan dengan baik oleh Divisi Pendidikan Persatuan Pelajar Indonesia di Tokyo Institute of Technology (PPI Tokodai) yang bekerjasama dengan “Enjinia Nusantara”, sebuah komunitas profesional yang didirikan oleh para Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Jepang.

 Professor Sato memberikan penjelasan kepada para peserta

Professor Sato memberikan penjelasan kepada para peserta

Seminar dimulai dengan presentasi dari Prof. Yuriko Sato, seorang Profesor di Tokyo Tech, tentang hasil penelitiannya mengenai prilaku pengembangan mahasiswa asing dan pekerja asing profesional di Jepang. Profesor Sato mengungkapkan bahwa peran penting pegawai asing adalah sebagai “jembatan” penghubung untuk kelancaran komunikasi antara negasa asalnya dan Jepang. Profesor Sato juga secara khusus mengapresiasi warga Indonesia yang selalu memiliki semangat tinggi untuk berkontribusi kepada tanah airnya.

Selain itu, Enjinia Nusantara yang sudah memiliki pengalaman bekerja secara professional di Jepang memberikan tips dan trik kepada para pelajar Indonesia tentang bagaimana mengembangkan karir di dunia profesional dengan baik. Pada kesempatan ini, sekaligus menjadi ajang peresmian buku “Monozukuri” hasil karya Enjinia Nusantara sebagai salah satu kontribusi terhadap Indonesia. Peluncuran buku Monozukuri diawali dengan pemaparan secara lengkap tentang isi buku oleh Farid Triawan yang merupakan ketua editor dan salah satu penulis buku. Farid menceritakan secara lugas bagaimana sebuah industri Monozukuri (manufaktur) Jepang dapat bertahan dan mempertahankan produknya di persaingan pasar dunia yang sangat ketat.

Monozukuri merupakan ilmu dan falsafah dasar yang diterapkan dalam dunia industri manufaktur Jepang. Ilmu ini telah menjadi salah satu pilar penting yang menopang berdirinya imperium industri Jepang, baik di Jepang sendiri ataupun di seluruh penjuru dunia. Dengan menguasai dan menerapkan ilmu ini, siapapun bisa meniru gaya orang Jepang dalam menciptakan produk berkualitas tinggi.

Dengan berhasil terselenggaranya acara ini, para penyelenggara berharap dapat meningkatkan kualitas kerja para pelajar yang telah berhasil menyelesaikan studi di Jepang sehingga dapat meningkatkan kontribusi terhadap dunia profesional Indonesia.

 Para peserta mendengarkan pemaparan oleh pemateri     

Para peserta mendengarkan pemaparan oleh pemateri     

 Buku Monozukuri karya Enjinia Nuantara

Buku Monozukuri karya Enjinia Nuantara

Penulis: Fajar Fauzie

                              

 

Penulis: Fajar Fauzie