PPI Tokodai

Kegiatan

Tokodai Cup

tokcup.jpg

Setelah sukses dengan Tokodai Cup ke-4 pada tahun 2016, tahun ini PPI Tokodai kembali menyelenggarakan acara Tokodai Cup 2017. Bekerjasama dengan PPI Kanto, acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Mei 2017 di Gymnasium Tokyo Institute of Technology Kampus Ookayama. Tokodai Cup merupakan kompetisi futsal tahunan yang diselenggarakan oleh PPI Tokodai dan diikuti oleh banyak tim dari berbagai universitas di Kanto. Pada tahun ini terdapat 12 tim yang bertanding dan memperebutkan gelar juara Tokodai Cup.

Tokodai Cup 2017 yang disponsori oleh BNI ini, diketuai oleh Ghiffari Aby Malik Nasution yang merupakan mahasiswa S1 Tokodai. Acara yang merupakan salah satu acara terbesar PPI Tokodai ini telah dipersiapkan sejak empat bulan sebelumnya. Berbagai lapisan mahasiswa yang tergabung di PPI Tokodai, baik S1, S2, maupun S3, turut andil dalam persiapan dan penyelenggaraan event olahraga tahunan ini. 

Pertandingan dimulai pada pukul 09.30 pagi. Pada babak penyisihan, kedua belas tim dibagi ke dalam dua grup besar. Di akhir babak penyisihan, tim dari SRIT (Sekolah Republik Indonesia Tokyo), PPI Ibaraki, Tokodai FC, dan Kimochi FC berhasil maju menjadi ke babak semifinal. Pertandingan di babak semi final meloloskan PPI Ibaraki dan SRIT ke babak final. 

Sebelum babak final dimulai, terlebih dahulu diadakan pertandingan perebutan juara ketiga. Pertandingan antara Tokodai FC dan Kimochi FC ini berlangsung alot dan bahkan diakhiri dengan adu penalti. Namun pada akhirnya Tokodai FC berhasil mengalahkan Kimochi FC dan keluar sebagai juara ketiga. 

Pertandingan Final antara PPI Ibaraki melawan SRIT merupakan pertandingan yang paling menegangkan. SRIT yang merupakan juara Tokodai Cup tahun sebelumnya harus berjuang untuk mempertahankan gelar juara. Namun, setelah dua babak yang menegangkan, PPI Ibaraki berhasil membungkam SRIT dan keluar sebagai juara pertama Tokodai Cup 2017.

Acara Tokodai Cup 2017 diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pemenang, yaitu PPI Ibaraki sebagai juara pertama, SRIT sebagai juara kedua, dan Tokodai FC sebagai juara ketiga. Selain itu terdapat pula penghargaan untuk MVP dan top scorer yang secara berturut-turut jatuh kepada Fiky Abdullah dari SRIT dan Raymond Salim dari Waseda University.

Seluruh rangkaian acara berakhir sekitar pukul 15.30. Secara keseluruhan, Tokodai Cup 2017 berlangsung dengan lancar. Seluruh pemain dan panitia yang terlibat terlihat antusisas mulai dari awal hingga akhir acara. Semoga antusiasme dan kemeriahan Tokodai Cup tahun ini dapat diraskan pada Tokodai Cup tahun-tahun selanjutnya. Sampai jumpa di Tokodai Cup 2018!

tokcup3.jpg

Penulis: Ryza Rynazal

Editor: Maulida Bellafaransi