PPI Tokodai

Kegiatan

Makelar 2018

 
 Foto bersama saat morning trekking

Foto bersama saat morning trekking

Malam Kekeluargaan (Makelar) 2018 merupakan acara yang baru diadakan di tahun kepengurusan PPI Tokodai 2017-2018, dan juga merupakan acara bersama dengan Midori Tokodai. Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan dan mendekatkan silaturahmi sesama anggota keluarga PPI Tokodai. Konsep acara yang seru dan edukatif, juga dengan unsur keagamaan yang cukup kentara, membuat acara ini cukup diapresiasi berbagai kalangan di PPI Tokodai dan peserta acara sendiri.

Makelar 2018 dilaksanakan di Kodomo Shizen Koen pada hari Sabtu dan Minggu, 10-11 Februari 2018. Para peserta terlihat sangat antusias, meskipun harus memulai persiapan sejak pagi. Pukul 10.30 peserta sudah berkumpul di dua meeting point yang berbeda, yaitu di stasiun Jiyugaoka dan Chuo-Rinkan. Setelah itu, peserta berangkat bersama-sama menuju stasiun Minami-Makigahara. Sesampainya di stasiun, peserta berjalan bersama menuju lokasi acara, kemudian tiba pada pukul 12.00. Sesampainya di tempat acara, peserta diberikan waktu untuk ishoma dan menyantap bento masing-masing. Setelah itu, peserta mulai memasukkan bawaan ke bungalow yang sudah disediakan untuk tempat tidur. Mulai pukul 13.00 peserta diarahkan untuk menuju ke aula yang terletak tak jauh dari bungalow untuk diadakan pengarahan dari pihak Kodomo Shizen Koen dilanjutkan acara pembukaan Makelar 2018 dibuka oleh ketua panitia, ketua PPI Tokodai Mushlih Muharrik, dan Ketua Midori Arif Darmawan.

Setelah itu acara pertama langsung dimulai dengan kompetisi bakat (tidak) penting. Pada kompetisi ini, setiap kelompok peserta harus mengirimkan satu perwakilannya untuk menunjukkan bakat tidak pentingnya, yang selanjutnya bisa ditantang oleh kelompok lainnya untuk mendapatkan skor terbanyak. Di acara ini, terlihat bakat-bakat menarik dari peserta yang mengundang gelak tawa dari peserta lainnya.

Setelah selesai, peserta langsung diarahkan ke barbeque spot untuk menyiapkan barbeque dan langsung menyantapnya bersama-sama. Acara ini merupakan inti dari acara makelar. Tanpa harus diarahkan, semua peserta langsung berinisiatif untuk membantu dan bergotong-royong menyiapkan acara barbeque ini, ada yang memotong kayu bakar, ada yang menyalakan api, memasak, membuat minuman, dan lain-lain. Terlihat kebersamaan dan kerukunan warga PPI tokodai dalam acara barbeque ini. Gelak tawa, obrolan lucu, dan lainnya menjadi bumbu yang sangat pas untuk membalut acara barbeque ini.

Setelah kenyang dan asik mengobrol, tak terasa senja pun mulai nampak yang menunjukkan hari sudah semakin malam, dan acara barbeque harus segera diakhiri. Acara selanjutnya yaitu kajian yang diisi oleh Pak Aziz Muhammad, tentang kiat sukses menjadi ilmuwan muslim di jepang. Acara ini sangat edukatif dan informatif bagi peserta makelar yang masih menempuh studinya di kampus Tokodai ini. Disini juga terlihat partisipasi aktif peserta dalam mengajukan berbagai pertanyaan dan quiz berhadiah buku yang dipimpin oleh moderator Dzakiy. Acara selanjutnya yaitu Senpai Sharing Session (S3) yang diisi oleh kak Adiyudha Sadono. Acara yang menarik dan edukatif ini terasa sangat singkat karena pembawaan acara dan obrolan yang menarik dari kak Yudha.

 
 Penyerahan hadiah dari Pak Aziz

Penyerahan hadiah dari Pak Aziz

 

Akhirnya acara hari pertama selesai dan peserta kembali ke bungalow masing-masing untuk beristirahat. Acara di hari kedua dibuka dengan solat malam, dilanjutkan solat subuh berjamaah dan kultum singkat. Selanjutnya peserta mulai trekking bersama menuju spot sunrise dan berfoto Bersama di venue tersebut. Acara terakhir yaitu kompetisi olahraga (tidak) penting yang sangat menarik. Acara yang sangat seru ini pun ditutup dengan pembagian hadiah kepada para kelompok yang memenangi cabang-cabang games dalam acara makelar ini. Para peserta kembali ke penginapan, dan mulai merapikan barang bawaan masing-masing. Barang-barang mulai dibawa dan akhirnya selesailah acara Makelar 2018 ini. Semoga acara ini tetap diingat anggota PPI tokodai untuk kembali meramaikan acara yang sama di tahun-tahun berikutnya.

PPI Tokodai