PPI Tokodai

Kegiatan

Penampilan Tim Angklung PPI Tokodai di Nodojiman The World 2018

Nodojiman The World 2018 (のどじまんTHEワールド!2018春) adalah kompetisi menyanyi yang diproduksi dan disiarkan oleh Nippon TV (日本テレビ) pada hari Sabtu, 10 Maret 2018 pukul 19.00 – 22.00. Kompetisi ini cukup terkenal di Jepang, mengingat host acara adalah salah satu bintang terkenal, yaitu Masahiro Nakai-san yang merupakan mantan personil band SMAP. Kompetisi ini dikhususkan untuk gaikokujin atau foreigners untuk menyanyikan lagu Jepang. Sistem kompetisinya sendiri terdiri dari dua ronde; yang pertama setiap kontestan menyanyikan satu lagu, lalu setelah mendapatkan skor dari juri, kontestan akan membawakan lag ke-dua dengan urutan sesuai skor di ronde pertama, yaitu dari yang terkecil hingga terbesar.

Merupakan kali kedua bagi tim Angklung PPI Tokodai untuk berkolaborasi dengan Khatulistiwa Group yang terdiri dari Kak Afra, Kak Royan, Kak Mieke, dan Kak Rita dalam kompetisi Nodojiman ini. Musim semi tahun lalu adalah yang pertama kali, namun sayang sekali satu lagu yaitu Beautiful dari Superfly tidak sempat dibawakan karena tidak lolos pada babak pertama. Untuk kali ini, berhubung semua lagu akan ditampilkan berapapun nilai yang didapat dari babak pertama, lagu tersebut akan kami bawakan lagi pada babak kedua. Eh tapi, ada yang berbeda loh dari kompetisi tahun ini. Wah, apa?

Ada satu tambahan personil! Yup, karena Nodojiman Spring 2018 ini adalah edisi khusus pemenang dari seri beberapa tahun lalu yang dilombakan lagi, maka ditambahkan Kak Fatima Zahratunnisa, sebagai pemenang dari Indonesia untuk Nodojiman The World 2015, pada team Indonesia. Jadilah, formasi yang terbentuk adalah Khatulistiwa Group featuring Fatima dan Angklung Team!

 
 Depan: Mieke, Royan, Fatima, Afra, Rita. Tengah: Hafizh, Affan, Justian, Luthfan, Calvin, RIzky, Caesar. Belakang: Nadya, Dea, Salsa, Stephanie, Firly, Tiffani.

Depan: Mieke, Royan, Fatima, Afra, Rita. Tengah: Hafizh, Affan, Justian, Luthfan, Calvin, RIzky, Caesar. Belakang: Nadya, Dea, Salsa, Stephanie, Firly, Tiffani.

 

Tim Angklung sendiri terdiri dari 8 orang mahasiswa Tokodai (Justian, Firly, Caesar, Luthfan, Affan, Hafizh, Salsa, dan Tiffani), 3 orang mahasiswa Chiba Daigaku (Dea, Calvin, dan Rizky), 1 orang dari Todai (Nadya) dan 1 orang dari Keio Daigaku (Stephanie). Persiapan bisa dibilang termasuk singkat dan intens. Latihan dilakukan dua minggu sebelum performance day.

 
 Bersama para kontestan lainnya.

Bersama para kontestan lainnya.

 

Performance day direkam di Maihama Amphitheatre, 28 Februari 2018 namun baru disiarkan di NTV pada tanggal 10 Maret. Tim Indonesia menampilkan dua buah lagu, yaitu Hana Wa Saku untuk ronde pertama yang mendapatkan skor 497/500. Persaingan cukup ketat, karena kontestan lain seperti dari Amerika, Peru, Kyrgyzstan, dan Filipina juga mendapatkan skor tinggi pada ronde pertama. Untuk ronde kedua, tim Indonesia menampilkan Beautiful dari Superfly mendapatkan skor 494/500. Pemenang dari kompetisi kali ini adalah tim Filipina, yang membawakan 小さな恋のうた (Chiisana koi no uta) dan Winding Road. Meskipun tidak membawa pulang trophy, kami tetap bersyukur karena dengan cara ini kebudayaan Indonesia khususnya Angklung telah diperkenalkan lewat siaran TV Jepang.