PPI Tokodai

Kegiatan

Masako Edisi Makassar

Semester baru telah dimulai! Sebelum mulai kesibukan kuliah atau penelitian, tim masako PPI Tokodai kembali memulai debut masaknya dengan tema Makassar. Di artikel masako sebelumnya kami berencana membuat menu makanan Aceh namun setelah mempertimbangkan bahan makanan kami menunda dulu dan menggantinya dengan makanan bertema Makassar. Masako kali ini dilakukan pada tanggal 14 Mei 2018 bertempat di rumah Mas Asdy dan Mbak Mutia di Minami Machida, Tokyo. Dengan petunjuk dari tuan rumah yang merupakan orang asli Bugis, maka kami berusaha untuk memasak beberapa menu yaitu Sop Sodara, Es Pisang Ijo dan Mie Titi. Berhubung kebanyakan dari kami belum pernah merasakan masakan tersebut jadi kami sangat antusias ikut acara masak masak ini. Tak hanya peserta lama, Masako kali ini dimeriahkan oleh beberapa mahasiswa baru dan peserta baru (rasa lama haha) sehingga acara lebih rame dan yang pasti lebih menambah cita rasa dari masakan itu sendiri.

 
Picture1.png
 

Menu pertama yang kami masak adalah Mie Titi. Ada keunikan dari menu ini yaitu mie yang digunakan adalah mie kering yang sudah matang, awalnya kami ragu bagaimana bisa mendapatkan mie kering itu di Jepang, tapi ternyata mie itu berhasil ditemukan di OK Store, swalayan kebanggaan warga Minami Machida (fiuuh haha). Tak perlu ribet membuatnya, cukup membuat kuah yang agak kental dengan menambahkan bakso dan potongan ayam membuat rasa mie tersebut sangat enak dinikmati.

Picture1.png

Setelah kenyang makan Mie Titi, kami beralih membuat Sop Sodara. Entah mengapa sop itu dinamakan Sop Sodara, tapi saat kami semua memakan sop itu bersama, rasanya LEBIH ENAK. Mungkin memang harus makan bareng sesama saudara biar lebih mantap, apalagi dengan saudara sebangsa yang jauh dari rumah kayak kita kita (hiks, apasih, haha).

Picture1.png

Diending masak masak, kami membuat Es Pisang Ijo sebagai dessert. Wah ternyata yang membuat es pisang ijo ini enak adalah sirup DHS yang harus asli Makassar. Kata Mas Asdy, kalau tidak memakai sirup ini rasanya pasti beda. Untungnya Mas Asdy dan keluarga membawa stok sirup DHS. Tak hanya itu, pisang nya pun diimpor langsung di Indonesia. MANTAP GAN! Semua orang heboh saat es pisang ijo ini mulai disajikan, kami berlomba untuk menghias es pisang ijo sebagus mungkin, tapi apalah daya, perut dan lidah sudah memanggil manggil, jadilah es pisang ijonya langsung dilahap sampai habis tak tersisa seketika. Uuumm yummy.

 
Picture1.png
 

Nantikan MASAKO selanjutnya.. :D