PPI Tokodai

Kegiatan

Tokodai Cup 2018

Tokodai Cup adalah kejuaraan futsal tahunan yang diadakan oleh PPI Tokodai, bekerja sama dengan PPI Kanto dan KBRI Tokyo, untuk akademisi Indonesia yang sedang melakukan studi di sekolah-sekolah dan universitas-universitas yang ada di wilayah Kanto, Jepang. Tujuan utama dari Tokodai Cup ini sendiri adalah untuk membina keakraban dan sportifitas antar akademisi Indonesia melalui pertandingan futsal.

Tokodai Cup 2018 diadakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 bertepatan pada Golden Week. Kompetisi ini bertempat di Gimnasium Kampus Ookayama Tokyo Institute of Technology dan disponsori oleh KBRI Tokyo dan SBI Remittance. Pada tahun ini, Tokodai Cup diikuti oleh 14 tim; Inter Gunma, TSK FC, SRIT FC, Tohoku Fusion, PPI Chiba Kizuna, TIU, GRIPS FC, Gunma Squad, Hanami, Tokodai FC, Fuchu-Koganei FC, Kimochi FC, Todai Swallow, dan PPI Ibaraki. Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Tokodai Cup 2018; Muhammad Nasir; Ketua PPI Tokodai, Mushlih Muharrik; Ketua PPI Kanto, Stefan Hartono; dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ibu Alinda Zain dan ulanan lagu Indonesia Raya oleh para peserta.

 
 Seluruh peserta bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya

Seluruh peserta bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya

 

Tim dibagi menjadi grup A, B, dan C. Grup A terdiri dari Inter Gunma, TSK FC, Tohoku Fusion, SRIT FC, dan PPI Chiba Kizuna. Grup B terdiri dari Tokodai FC, Hanami, Gunma Squad, TIU, dan GRIPS FC. Grup C terdiri dari PPI Ibaraki, Fuchu-Koganei FC, Todai Swallow, dan Kimochi FC. Pertandingan-pertandingan berjalan dengan cukup seru dan panas, namun dengan tetap menjaga sportifitas. Peringkat 2 dari grup A dan B dan 2 tim teratas dari grup C akan melaju ke babak perempat final, sedangkan peringkat pertama dari grup A dan B langsung melaju ke semifinal.

Pada akhir klasemen, grup A dipuncaki oleh Inter Gunma dengan poin 12, diikuti oleh TSK FC dengan poin 9 dari 4 pertandingan. Grup B dipuncaki oleh Tokodai FC dengan poin 10, diikuti oleh Hanami dengan poin dari 4 pertandingan. Grup C dipuncaki oleh juara bertahan PPI Ibaraki, diikuti oleh Fuchu-Koganei dengan 6 poin dari 3 pertandingan. Hasil yang cukup mengejutkan adalah juara 2 Tokodai Cup 2017, SRIT FC, tidak lolos fase grup setelah hanya menduduki peringkat 4 grup A.

Semifinal mempertemukan Tokodai FC dengan TSK FC, dan PPI Ibaraki dengan Inter Gunma. Tokodai FC berhasil mengalahkan TSK FC dengan cukup meyakinkan, 6-0, setelah performanya yang kurang meyakinkan pada fase grup. Di pertandingan lainnya, PPI Ibaraki keluar sebagai pemenang setelah pertandingan yang sangat ketat melawan Inter Gunma dengan skor akhir 2-1.

 
 Tim PPI Ibaraki

Tim PPI Ibaraki

 

Pertandingan final pun tiba, tim tuan rumah Tokodai FC melawan juara bertahan PPI Ibaraki. Sayangnya, kiper utama PPI Ibaraki cedera pada fase grup sehingga tidak bisa bermain. Jika Tokodai FC menang, ini akan menjadi pertama kali nya Tokodai Cup dimenangkan oleh tim tuan rumah PPI Tokodai. Pertandingan berjalan dengan cukup panas. Tokodai FC bermain menekan sejak peluit awal pertandingan dibunyikan, tapi bola lebih banyak dikuasai oleh PPI Ibaraki. Serangan demi serangan dilancarkan oleh PPI Ibaraki, sayangnya selalu dapat dimentalkan oleh Tokodai FC. Kebuntuan dipecahkan pada pertengahan babak pertama. Memanfaatkan kesalahan kiper PPI Ibaraki dalam menangkap bola, kapten Tokodai FC Ghiffari berhasil menjalakan gol pertama untuk Tokodai FC. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, lagi-lagi Ghiffari kembali mencetak gol. Gol kedua ini sedikit kontroversial karena pemain PPI Ibaraki mengklaim bahwa Ghiffari melakukan pelanggaran, namun wasit memutuskan gol tetap berdiri. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-0 untuk Tokodai FC!

 
 Tim Tokodai FC memenangkan Tokodai Cup tahun ini.

Tim Tokodai FC memenangkan Tokodai Cup tahun ini.

 

Tokodai FC pun berhasil keluar sebagai juara untuk pertama kali nya dalam sejarah setelah mengalahan PPI Ibaraki! PPI Ibaraki keluar sebagai juara 2. Juara 3 disabet oleh Inter Gunma setelah mengalahkan TSK FC pada perebutan juara 3. Adapun Most Valuable Player (MVP) Tokodai Cup 2018 jatuh kepada saudara Setyo Yudhanto dari PPI Ibaraki, dan Top Skorer jatuh kepada Mahesya dari Inter Gunma dan Azhar Aulia Saputra dari Hanami.

 
 

Selamat kepada para pemenang! Terima kasih pula kami ucapkan kepada panitia Tokodai Cup 2018, para peserta Tokodai Cup 2018, dan pihak-pihak yang bersangkutan. Terima kasih juga kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia dan SBI Remittance untuk dukungannya.

 
Picture1.png
 

Nantikan Tokodai Cup tahun depan yang lebih baik lagi. Salam olahraga!

Dokumentasi lebih lengkap: https://www.flickr.com/photos/138493729@N03/albums/72157695081513781