PPI Tokodai

Info Kuliah

Global Scientists and Engineers Program (GSEP)

Jepang merupakan salah satu Negara yang sudah terkenal memiliki berbagai program beasiswa yang ditujukan untuk berbagai tingkat pendidikan setelah lulus SMA, seperti program Monbukagakusho atau Mitsui Bussan. Di Tokyo Tech sendiri, terdapat sebuah program baru yang dikhususkan untuk menjaring mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi S1 di institut teknologi ini. Program tersebut bernama GSEP atau Global Scientists and Engineers Program.

Berbeda dengan beasiswa Monbukagakusho dan Mitsui-Bussan yang memiliki program sekolah Bahasa selama satu tahun, pada program ini bahasa pengantar yang akan digunakan selama kuliah adalah Bahasa Inggris. Oleh karena itu, mahasiswa akan lulus dalam waktu 4 tahun. Kandidat yang diterima pada program ini akan terdaftar sebagai mahasiswa dari Department of Transdisciplinary Science and Engineering dan setelah lulus akan mendapatkan gelar B.Eng (Bachelor of Engineering).

Program GSEP ini sebenarnya juga memberikan 10 beasiswa Monbukagakusho (MEXT) bagi 10 siswa dengan nilai tertinggi dari semua negara yang lolos seleksi. Sementara bagi siswa yang lolos seleksi GSEP tapi tidak mendapatkan beasiswa Monbukagakusho (MEXT) juga dapat mencari beasiswa lain atau kuliah dengan menggunakan biaya sendiri.

Proses seleksi GSEP 2017 terdiri dari dua tahap, yaitu Preliminary Screening dan Secondary Screening. Jika ingin mendapatkan beasiswa MEXT, maka Anda harus mendaftar Eligibility A  (mendaftar GSEP sekaligus mendaftar beasiswa Monbukagakusho/MEXT). Seperti yang telah disebutkan, nantinya 10 orang yang lolos GSEP akan diberi beasiswa Monbukagakusho/MEXT. Sementara jika tidak ingin mendaftar beasiswa Monbukagakusho/MEXT (ingin kuliah dengan biaya sendiri atau mencari beasiswa lain) berarti Anda dapat mendaftar dengan Eligibility B.

Preliminary Screening

Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk tahap Preliminary Screening, pendaftar diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran, yaitu :

1.     Application form for GSEP

2.     Questionnaire

3.     Check sheet

4.     Application form for MEXT Scholarship (Eligibility A only)

5.     Official Academic Transcript (Rapor dalam bahasa Inggris)

6.     Certificate of Graduation or Expected Graduation

7.     Photocopy of passport

8.     TOEFL/TOEIC/IELTS test scores. (TOEFL ITP, TOEIC ITP, dan TOEIC IP tidak akan diterima.)

9.     The “Payment Verification” page (Eligibility B Only).

10. Optional documents: EJU, IB, or SAT/ACT scores

Berkas 1-4 dapat diunduh di  www.titech.ac.jp/english/graduate_school/international/gsep/

Jika memang tidak punya, maka tidak masalah jika tidak mengumpulkan Optional documents (EJU,IB,SAT,ICT). Tenang saja, nantinya akan ada tes tulis yang meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia pada Secondary Screening.

Dokumen-dokumen tersebut kemudian harus dikirim secara fisik alias melalui pos ke Tokyo Tech.

Essays

Pada GSEP Application Form, peserta diharuskan untuk menulis dua buah essay berdasarkan pertanyaan berikut.

1.     Why do you wish to enter Global Scientists and Engineers Program at the Tokyo Institute of Technology? How will completing this degree contribute to your career objectives? (max. 500 words)

2.     Please tell us about yourself, including the following (max. 500 words):

·         What are your academic strength and goal?

·         What kind of activities have you initiated or taken part in as a student?

·         What leadership experience do you have?

·         Comment on your knowledge regarding Japanese culture and the language

·         List any awards or certifications that you have received in sports or academia

Jangan lupa untuk meminta orang lain (usahakan lebih dari satu orang) untuk memeriksa essay Anda untuk memastikan bahwa alur dan maksud yang Anda tuliskan pada essay Anda dapat dipahami dan tersampaikan dengan baik.

Secondary Screening

Tahap ini terdiri dari tes tulis dan wawancara. Seleksi GSEP 2017 bertempat di Hotel Aston Bekasi, sedangkan tahun sebelumnya di Bandung.

Tes tulis untuk seleksi GSEP 2017 terdiri dari mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Soal-soal fisika dan kimia kurang lebih setara dengan soal yang biasa dipelajari siswa SMA di Indonesia. Sementara soal matematika relatif lebih sulit, mungkin setara matematika A-Level.

Pada tahap interview, setiap peserta diperbolehkan membawa portfolio, tapi tidak wajib. Sebagai referensi, saya membawa portfolio yang berisi pencapaian akademik dan ekstrakurikuler saya semasa SMA. Pertanyaan yang diajukan saat interview berawal dari essay yang telah dibuat dan kemudian meluas. Namun, yang perlu diingat adalah pertanyaan pada saat interview biasanya menanyakan seputar essay yang kita buat, jadi buatlah essay yang masuk akal dan dapat Anda ceritakan saat interview.

Pengumuman Hasil Seleksi GSEP

Sebagai gambaran, pada tahun 2017, hasil seleksi diumumkan sekitar satu setengah bulan setelah tes tulis dan wawancara. Pengumuman tersebut dikirim via pos dan sampai dalam waktu kurang lebih satu minggu. Pengumuman ini juga bersamaan dengan pengumuman mendapatkan beasiswa atau tidak.

Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melanjutkan studi S1 di Tokyo Tech dengan program GSEP. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek website Tokyo Tech untuk memastikan timeline dan persyaratan karena bisa saja kebijakan Tokyo Tech berubah sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat.

Penulis: Ryza Rynazal

Editor: Maulida Bellafaransi