PPI Tokodai

Info Kuliah

Transfer dari D3

Selain masuk dari tahun pertama, Institut Teknologi Tokyo juga menyediakan jalur transfer untuk mahasiswa lulusan diploma (D3). Melalui jalur ini, mahasiswa lulusan diploma bisa langsung melanjutkan pendidikan dari tahun ketiga (fakultas teknik) atau tahun kedua (fakultas sains). Sebagian SKS tahun pertama dan kedua akan diakui oleh pihak institut berdasarkan kurikulum sekolah asal.

Ada dua cara untuk masuk dengan jalur transfer, yaitu ujian masuk umum dan ujian masuk khusus (rekomendasi). Melalui ujian masuk umum, peminat bisa masuk ke hampir seluruh jurusan yang ada di Institut Teknologi Tokyo. Jalur rekomendasi disediakan khusus untuk peminat jurusan biosains dan bioteknologi. Peminat jalur rekomendasi harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah asal.

 Mata pelajaran dalam ujian masuk umum adalah matematika, fisika, kimia dan bahasa Inggris. Sementara ujian masuk khusus hanya mencakup tes kimia dan bahasa Inggris. Setelah tes tertulis, akan diadakan wawancara. Penilaian lebih dititikberatkan pada tes tertulis. Tes tertulis dan wawancara diadakan dalam bahasa Jepang.

Ujian masuk umum diadakan pada bulan Agustus, sementara ujian masuk khusus diadakan pada bulan Juni. Jumlah pendaftar yang diterima adalah sekitar 40 orang setiap tahunnya. Karena ujian diadakan dalam bahasa Jepang, kemampuan bahasa Jepang sangat diperlukan untuk masuk dengan jalur transfer. Pada umumnya, pelajar asing yang masuk dengan jalur transfer mengambil diploma di sekolah teknik di Jepang.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini:

http://admissions.titech.ac.jp/admission/college/transfer.html