PPI Tokodai

Info Kuliah

Memperpanjang Paspor di Jepang

Paspor (Surat Perjalanan Republik Indonesia) merupakan dokumen yang sangat penting bagi seseorang yang sedang berada di luar negeri, termasuk kita sebagai mahasiswa yang saat ini sedang melaksanakan studi di Jepang. Kita harus memberikan perhatian khusus untuk paspor ini karena dokumen ini adalah satu-satunya dokumen resmi dari Indonesia yang berlaku di Jepang, oleh karena itu, pastikan kita telah menjaga paspor kita sebaik mungkin dan jangan sampai terlewat untuk memperpanjang paspor yang akan habis masa berlakunya.

 
 Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo

 

Untuk kita yang kebetulan paspornya akan habis masa berlaku sedangkan masih dalam periode studi, kita dapat melakukan proses perpanjangan/pencetakan paspor baru di KBRI Tokyo yang terletak di Shinagawa (10 menit jalan dari Stasiun Meguro atau Stasiun Gotanda). Perpanjangan/pencetakan paspor baru dapat dilakukan sejak 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis, adapun dokumen yang perlu disiapkan sebelum berangkat ke KBRI untuk mengurus hal ini adalah

  • Paspor Asli
  • Fotokopi Paspor bagian identitas
  • Fotokopi Residence Card (Depan-Belakang) dalam satu kertas
  • Fotokopi Student ID (Depan-Belakang) dalam satu kertas
  • Dokumen pendukung (Fotokopi Ijazah/Fotokopi Akte Kelahiran/ Fotokopi Kartu Keluarga/ Fotokopi Surat Nikah)*
  • Pas foto 4 x 3 cm terbaru
  • Uang 3,200 yen (Juni 2018)

*pilih salah satu saja, tidak perlu semuanya dibawa

Jam layanan pembuatan paspor di KBRI dimulai dari pukul 09.30 – 11.30 kemudian dilanjutkan dari pukul 13.30 – 14.30 (Khusus hari Jumat, dilanjutkan dari pukul 13.30 – 15.00).

Sesampainya di KBRI Tokyo, katakan anda bermaksud untuk memperpanjang paspor, kalau kebetulan staff keamanan yang berjaga orang Jepang, mungkin bisa sampaikan pasupooto wo keizoku shitai. Staff keamanan kemudian akan mengarahkan anda ke tempat pelayanan paspor/visa (disebutnya kantor pelayanan satu atap) setelah menukar identitas anda dengan tanda masuk.

Ada formulir yang perlu diisi sebelum masuk ke bagian pelayanan satu atap KBRI Tokyo, isinya kurang lebih mengenai informasi seperti identitas pribadi dan keluarga, terdapat contoh pengisian di tempat pengambilan formulir tersebut, jadi tidak perlu khawatir.

Setelah formulir sudah diisi dengan baik dan benar, ambil nomor antrian yang bertuliskan “Paspor R.I” tunggu sampai nomor antrian dipanggil untuk masuk ke loket pelayanan pembuatan paspor.

Di loket pembuatan paspor, dokumen-dokumen beserta formulir yang sudah diisi akan diperiksa oleh petugas, apabila tidak ada masalah, petugas kemudian akan mengarahkan anda untuk menjalani proses pengambilan data biometric berupa sidik jari dan foto.

Pembayaran biaya pembuatan visa dilakukan setelah semua data kita diperiksa kembali, pembayaran dilakukan melalui vending machine yang terdapat di ruangan yang sama dengan loket pembuatan paspor, petugas akan mengarahkan tombol apa yang harus anda tekan, kita tinggal perlu menyiapkan uangnya.

Setelah memberikan bukti pembayaran di vending machine ke petugas, kita akan diberikan kwitansi untuk pengambilan paspor baru, proses pembuatan paspor baru berkisar antara 3 – 4 hari kerja, informasi mengenai status pengajuan paspor dapat kita tanyakan melalui email ke immigration@kbritokyo.jp

Paspor yang sudah selesai dapat diambil langsung ke KBRI Tokyo dengan membawa kwitansi pembayaran atau dikirimkan ke alamat domisili di Jepang, untuk teman-teman yang ingin paspor barunya diantar ke alamat rumah, saat proses aplikasi, siapkan Letterpack yang bisa dibeli di convenience store.

 

Penulis: Faisal Amri