PPI Tokodai

Pengalaman

Tetap Fashionable Walau Bekas

 

Di Jepang, outfit atau pakaian merupakan sesuatu yang musiman. Literally. Contohnya, baju summer dan baju spring pasti berbeda karena suhunya yang berbeda. Sehingga terjadilah fenomena baju-yang-nganggur-ketika-bukan-musimnya. Bagi orang Jepang (mungkin) hal seperti ini dianggap waste. Padahal bajunya masih bagus, tapi udah harus nganggur. Oleh karena itu, di Jepang ini tersebarlah toko baju bekas yang bajunya masih bagus-bagus.

1. Mode Off / Hard Off

Mode Off (kadang barengan sama Hard Off) ini cabangnya banyak banget dan ada dimana-mana. Dari yang gede seperti di dekat Center Kita Station, yang gabung sama Hard-Off seperti di Shibuya, atau yang so-so kayak di Musashikoyama. Yang di Musashikoyama ini lokasinya paling dekat dengan Kampus Ookayama Tokodai. Sementara yang terdekat dari kampus Suzukakedai adalah Hard Off di Nagatsuta. Harganya relatif miring, walau kadang masih tetap mahal karena masih bagus atau branded. Kalau beruntung, bisa dapet yang murah + bagus banget kayak masih baru.

Berikut merupakan pin point Mode Off:

Musashikoyama: https://goo.gl/maps/rhbBqeZhrft

Nagatsuta:  https://goo.gl/maps/zKjSSLQYHnE2

000028.JPG

2. Shimokitazawa

Shimokitazawa bisa dicapai dengan menggunakan kereta ke stasiun Shimokitazawa (you don’t say). Nah, kalo Shimokitazawa ini sesungguhnya merupakan sebuah kawasan yang terdiri dari puluhan toko. Dan kebanyakan toko-toko di Shimokitazawa ini merupakan toko baju bekas. Bisa bayangin nggak? Kayak Mode Off tapi dikali banyak, dan berjejer di satu kawasan. Luar biasa. Cocok banget buat wanita-wanita yang suka belanja dan cuci mata karena pilihannya super banyak. Eits, hati-hati kalap.

Toko baju bekas ini sebenarnya berguna banget, terutama buat para mahasiswa yang tinggal di Jepang temporary. Apalagi kalau cuma exchange atau master student, paling lama hanya dua tahun. Dengan kata lain, hanya mengalami masing-masing musim sebanyak dua kali. Buat apa beli jaket winter yang mahalnya selangit kalau hanya dipakai dua kali, kan? Ya walaupun kembali kepada preferensi masing-masing. Selamat belanja! J

Penulis: Maulida Bellafaransi

 
PPI Tokodai